Minggu, 02 Oktober 2011

Pengenalan dan Perintah Dasar Linux

APA ITU LINUX..??

Linux adalah sistem operasi yang didefinisikan oleh banyak orang sebagai sistem yang menyerupai UNIX atau UNIX-like / UNIX-style atau sering juga disebut dengan kata UNIX-clone. Linux sendiri pada mulanya dikembangkan oleh seorang mahasiswa yang bernama Linus Torvalds (Finlandia).Linux sendiri adalah salah satu Operating System yang menggunakan lisensi GNU (baca: gratis). Pertama kali dibuat oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinki yaitu Linus Torvalds.Tux sebagai maskot dari OS Linux dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996. Disebut Tux pertama kali oleh James Hughes yang diambil dari kata Trovalds Unix. Tux dibuat pertama kali untuk mengikuti lomba desain logo Linux. Walaupun tidak menjadi juara pada lomba tersebut, Trovalds memilih linux sebagai maskot.

PERINTAH DASAR LINUX
Sekilas Tentang Command Line :

Seperti halnya bila kita mengetikkan perintah di DOS, command line atau baris perintah di Linux juga diketikkan di prompt dan diakhiri dengan menekan tombol Enter pada keyboard untuk mengeksekusi perintah tersebut.

Baris perintah merupakan cara yang lebih efisien untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Oleh karena itu pemakai Linux tetap mengandalkan cara ini untuk bekerja. Sebaiknya pemula juga harus mengetahui dan sedikitnya pernah menggunakan perintah baris ini karena suatu saat pengetahuan akan perintah-perintah ini bisa sangat diperlukan.

Berikut akan dijelaskan beberapa perintah dasar yang mungkin kelak akan sering digunakan terutama oleh para pemula. Perhatian: pengetahuan akan perintah-perintah yang lain akan segera bertambah seiring dengan kemajuan Anda menguasai sistem operasi Linux ini.

Penjelasan masing-masing perintah akan dipersingkat saja dan untuk mengetahui lebih detail lagi fungsi-fungsi suatu perintah, Anda dapat melihat manualnya, misalnya dengan mengetikkan perintah man:

man adalah perintah untuk menampilkan manual dari suatu perintah. Cara untuk menggunakannya adalah dengan mengetikkan man diikuti dengan perintah yang ingin kita ketahui manual pemakaiannya.

Contoh:
$ man ls


Perintah Linux standar mempunyai format sebagai berikut :

NamaPerintah [pilihan] [argumen]

Pilihan adalah option yang dimulai dengan tanda – (minus) atau – untuk full word. Argumen berupa nama file atau data lain yang dibutuhkan oleh perintah, dapat kosong, satu atau beberapa argumen (parameter). Untuk menjalankan lebih dari satu perintah gunakan tanda semicolon (;). Untuk interupsi instruksi dengan mengetikkan Ctrl-c.

Contoh :

$ ls tanpa argumen


Di bawah direktori root (/), ada beberapa kumpulan direktori sistem penting yang umum digunakan oleh banyak distribusi Linux lainnya. Di bawah ini adalah daftar dari direktori umum yang berada tepat di bawah direktori root (/) :

· /bin - aplikasi biner penting

· /boot - lokasi berkas konfigurasi untuk boot.

· /dev - berkas peranti (device)

· /etc - berkas konfigurasi, skrip startup, dll (etc)...

· /home - direktori pangkal (home) untuk pengguna

· /lib - libraries yang diperlukan oleh sistem

· /lost+found - menyediakan sistem lost+found untuk berkas yang berada dibawah direktori root (/)

· /media - mount (memuat) removable media seperti CD-ROM, kamera digital, dll...

· /mnt - untuk me-mount sistem berkas

· /opt - tempat lokasi untuk menginstal aplikasi tambahan (optional)

· /proc - direktori dinamis khusus yang menangani informasi mengenai kondisi sistem, termasuk proses-proses (processes) yang sedang berjalan

· /root - direktori pangkal untuk root, diucapkan 'slash-root'

· /sbin - sistem biner penting

· /sys - mengandung informasi mengenai system

· /tmp - berkas sementara (temporary)

· /usr - tempat aplikasi dan berkas yang sering digunakan oleh pengguna (users)

· /var - berkas variabel seperti log dan database

Terdapat juga perintah – perintah umum yang di gunakan pada terminal dalam linux :

cd.. Kembali ke direktori awal
ls Menilik direktori
mkdir Membuat direktori
cd Mengubah direktori
cp Menyalin direktori
rm Menghapus berkas
mv Mengganti nama direktori / mencari direktori



eko arief kurniawan/08.41010.0127/Q1
sumber :
http://www.infolinux.web.id/?p=85
http://adinugroho.web.id/tutorial/linux/sekilas-tentang-linux.html
dan dari berbagai sumber lainnya.

*blm selesai nulisnya, ntar dilanjutin lagi deh.Disuruh emak belanja nih. Hehehehee*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar